Blog Berita Teknologi Gadget Terbaru dan Info Seputar Tips & Trik Gadget

Wednesday, November 9, 2016

Inilah Beberapa Penyebab Laptop Mati Sendiri


Beberapa diantara anda pasti pernah mengalami kondisi dimana layar PC baik itu laptop ataupun komputer anda mati sendiri ketika sedang digunakan. Pada kondisi seperti ini banyak diantara kita merasa panik dengan segera melakukan restart dan beresiko kehilangan data yang tengah dikerjakan, atau bahkan ada juga yang langsung membawanya ke tempat servis alat elektronik. Pembaca artikel sekalian, dalam kondisi seperti ini kalian tidak perlu terlalu khawatir karena penyebab laptop mati sendiri bisa kita cari tau sendiri.

Berikut kurang lebih merupakan penyebab-penyebab kenapa laptop anda bisa mati sendiri.

  • Pertama, laptop anda tiba-tiba blank atau mati sendiri bisa dikarenakan suhu laptop anda yang terlalu panas.Belakangan ini banyak sekali penggua laptop yang menggunakan laptop diatas kasur, sofa, atau tempat empuk lainnya.Hal ini menyebabkan pergantian sirkulasi udara terhambat sehingga udara panas didalam laptop tidak diganti udara baru dari luar. Akhirnya hardware yang ada didalam laptop juga bisa panas dan akhirnya menyebabkan laptopmu mati sendiri.Lebih baik kamu menggunakan permukaan yang rata atau menggunakan cooling paduntuk tetap menjaga sirkulasi udara laptop.
  • Penyebab kedua adalah karena RAM yang bermasalah. RAM sangat vital didalam laptop sehingga harus digunakan secara optimal, tidak dipaksakan dengan menyimpan yang terlalu berat. Rajinlah membersihkan RAM dengan penghapus agar Laptop tidak mati sendiri lagi.
  • Penyebab laptop mati sendiri yang ketiga adalah pasta prosessor yang kering atau berdebu. Kamu bisa memeriksa pasta prosessor di laptop dan mengoleskannya lagi jika sudah mengering.Debu yang ada didalam laptop juga bisa menghambat sirkulasi udara seperti peyebab pertama.
  • Penyebab laptop mati sendiri yang terakhir adalah mainboard yang rusak. Jika kerusakkan sudah mencapa bagian ini akan agak sulit untuk mengatasinya sendiri. Mainboard sangat vital juga dalam proses berfungsinya laptop kamu. 


Jika seluruh keadaan laptop baik-baik saja namun tetap mati sendiri kemungkinan besar mainboard lah penyebabnya.Lebih baik dibawa ke ahli elektronik agar bisa langsung mengganti mainboard yang lama dengan yang baru. Rawat terus laptopmu agar tidak sering mati sendiri ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Beberapa Penyebab Laptop Mati Sendiri

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.